Welcome

Sabtu, 11 Februari 2012

Awan Nacreous

Awan Nacreous juga dikenal dengan nama  Awan stratosfer kutub, atau Mother of Pearl, karena warnanya. Awan ini biasa dijumpai di stratosfer kutub dan terjadi pada musim dingin di ketinggian 15,000-25,000 meter (50,000-80,000 ft). Awan ini menyebabkan pembentukan lubang ozon. ini dikarenakan awan-awan ini  menghasilkan klor aktif yang mengkatalisis kerusakan ozon, dan juga menghilangkan gas asam nitrat, dan menganggu siklus nitrogen dan klorin dalam cara yang menambah kerusakan ozon.


 
Stratosfer sangat kering, tidak seperti troposfer, jarang dimungkinkan untuk pembentukan awan. Namun dalam cuaca dingin yang ekstrem dari musim dingin kutub, bagaimanapun, berbagai jenis awan stratosfer dapat terbentuk, yang diklasifikasikan sesuai dengan keadaan fisik dan komposisi kimianya.


Karena awan ini berada pada ketinggian yang sangat tinggi dan karena lengkungan dari permukaan bumi, awan ini akan menerima sinar matahari dari bawah cakrawala dan memantulkannya ke bawah, Awan ini bersinar terang sebelum fajar atau setelah senja. Karena itu, orang yang tidak biasa melihat jenis awan ini, mungkin akan berpikir bahwa dia melihat sebuah UFO.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar