Welcome

Rabu, 08 Februari 2012

Rutin Jogging, Indonesia Bisa Maju?

  Olahraga merupakan suatu kebutuhan hidup manusia yang penting untuk menjaga kebugaran tubuh serta kesehatan. Olahraga kini banyak dijadikan sebagai gaya hidup banyak orang. Mulai dari olahraga dengan biaya murah, hingga olahraga yang menguras kantong. Jogging merupakan salah satu olahraga dengan biaya murah. Dengan melakukan jogging yang rutin akan membawa berbagai manfaat bagi tubuh serta bagi lingkungan, bahkan jogging bisa menjadi sebuah kebiasaan positif yang mendatangkan kemajuan suatu negara. Kok bisa??


   Jogging dapat dilakukan siapa saja tanpa biaya alias gratis. Kebiasaan Jogging dapat mendatangkan berbagai manfaat, apalagi jika dilakukan saat pagi hari. Apa saja manfaatnya?

  • Mencegah serangan jantung
  • Mencegah stroke
  • Berat badan akan stabil
  • Mencegah osteoporosis
  • Menyegarkan jiwa dan raga
  • Mecegah kanker dan lain-lain

   Lalu apa hubungannya dengan kemajuan Indonesia?
Seperti yang diuraikan di atas, jogging dapat membuat pelakunya fresh/ segar bugar fisiknya maupun pikirannya.

   Bayangkan, apabila seorang petani yang harus menghabiskan tenaganya di sawah seharian rutin melakukan olahraga ini secara rutin. Tentu saja petani tersebut akan sehat bugar, ia pun dapat melakukan kegiatannya di sawah dengan semangat, hasil panen pun melimpah, kita tahu Indonesia memiliki jutaan petani, Indonesia bisa saja surplus besar-besaran hasil pertanian dan dampak akhirnya petani hidup sejahtera, rakyat miskin pun berkurang, Indonesia lebih baik. Logis bukan?

   Di profesi lain, kita bisa melihat seorang enterpreneur. Apabila seorang enterpreneur rutin olahraga khususnya jogging, pikirannya akan lebih jernih, dampaknya pun ia akan lebih berinovasi dalam berbisnis serta lebih cekatan dalam memanfaatkan peluang bisnis, lapangan pekerjaan pun terbuka, tingkat pengangguran akan menurun, pendapatan per kapita akan naik. Akhirnya, status ekonominya meningkat, keadaan ekonomi Indonesia pun akan tumbuh.

   Tidak beda dengan petani dan entrepreneur, seorang pelajar pun apabila rutin berolahraga, jiwa raganya pun lebih segar, di sekolah ia dapat berpikir jernih, mendapatkan nilai yang memuaskan, berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik, akan tercipta tenaga-tenaga ahli di bidang pendidikan, teknologi pun berkembang, dunia pendidikan Indonesia pun akan lebih maju.

   Tidak mau kalah, seorang atlet pun bila rutin latihan dengan jogging, daya tubuhnya akan meningkat. Bayangkan, bila ia adalah atlet lari, ia bisa saja menjadi juara di tingkat internasional mengharumkan nama Indonesia, akhirnya dunia olahraga Indonesia pun berprestasi.

   Seorang buruh yang rutin olahraga pun akan mendapatkan dampak yang positif, tubuhnya akan lebih sehat, ketahanan tubuhnya pun meningkat, ia akan dapat bekerja dengan semangat tanpa beban, produktivitas pabrik pun akan tinggi.

   Secara umum, seseorang yang melakukan olahraga ini pastinya kesehatannya akan terjaga, sehingga tingkat kesehatan masyarakat akan lebih berkualitas. Orang yang sakit akan berkurang, angka kematian pun menurun.

   Terlebih seorang pemuda yang merupakan harapan bangsa di masa depan, dengan berolahraga ia dapat mendapatkan jasmani yang sehat, ia dapat lebih kreatif dan inovatif. Dari segi rohani, jiwanya akan damai, segar dan tenteram. Maka dampak akhirnya, tingkat kriminalitas pun akan menurun, Indonesia pun aman, para wisatawan pun tidak takut ke Indonesia, devisa negara pun bertambah. Mudah bukan?

   Suatu pemikiran yang sedikit aneh memang, walaupun kelihatannya memang sepele, namun ternyata besar juga manfaatnya. Saya sendiri sudah membuktikannya dengan mencoba melakukannya secara rutin, dan hasilnya positif lho, pikiran jadi lebih fresh, lebih semangat, dan pastinya lebih bugar. Ayo jogging untuk Indonesia maju.

Sudahkah anda jogging hari ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar