Welcome

Sabtu, 11 Februari 2012

Voynich Manuskrip

 Manuskrip Voynich ... sebuah manuskrip kuno (abad 15) yg sampai saat ini tdk diketahui judulnya .. tdk diketahui siapa penulisnya dan tidak juga diketahui bahasa apa yg dipakai ... Gambar dibawah adalah salah satu ilustrasi yg terdapat dalam buku tsb ... yg menggambarkan matahari dan arah konstelasi2 bintang yg tidak dikenal oleh ilmu astronomy saat ini ...




 Buku tebal ini membuat "DaVinci Code" benar-benar tidak menarik. Deretan teks cakar ayam tertulis di atas perkamen yang jelas terlihat kuno, aliran ilustrasi gambar ruwet yang melukiskan tanaman, bagan-bagan astronomis, dan gambar manusia mandi di usia dini.

Kesan pertama, Manuskrip Voynich tidak seperti karya tulis dan gambar antik pada umumnya. Kesan berikutnya, ketika diteliti lebih jauh, maka Anda mendapati manuskrip itu benar-benar tidak bisa dipahami.

Karakter-karakter asing di mana beberapa diantaranya memuat huruf Latin namun di beberapa bagian malah memuat bahasa yang sama sekali tidak dikenal manusia, disusun menjadi seumpama kata dan kalimat, tetapi tidak satu pun menyerupai tulisan atau bacaaan apapun yang selama ini digunakan manusia.

Kitab atau manuskrip ini diberi nama Voynich karena diperkenalkan pertama kali oleh Wilfrid Voynich, yang menemukannya di Villa Mondragone dekat Roma pada 1912 di sebuah dealer barang antik.

 Wilfrid Voynich mendedikasikan sisa hidupnya untuk mengungkap misteri asal usul manuskrip tersebut, sekaligus mengartikannya. Dia meninggal 18 tahun kemudian dan sangat sedikit yang bisa dia ungkap dalam manuskrip itu.  

Berdasarkan bukti kaligrafi, gambar, vellum, dan pigmen, Wilfrid Voynich memperkirakan bahwa manuskrip ini diciptakan pada abad ke-13 akhir. manuskrip ini besarnya sekitar tujuh sampai sepuluh inci, tapi tebal, hampir 235 halaman. tetapi mungkin awalnya memiliki tidak kurang dari 262 halaman. Ditulis dalam tulisan yang tidak diketahui dan tidak ada contoh tulisan dan bahasa lain yang seperti manuskrip ini di dunia. 


Ada 212 halaman dengan teks dan gambar, 33 halaman berisi teks saja, dan halaman terakhir berisi Kunci. Teks ini ditulis dalam script enciphered, dan gambar berwarna merah, biru, coklat, kuning, dan hijau.

Pada tahun 2009, peneliti dari Universitas Arizona melakukan tes C14 pada manuskrip ini, dan mereka menegaskan (dengan keyakinan 95%) manuskrip ini dibuat antara tahun 1404 dan 1438. Selain itu, McCrone Research Institute di Chicago menemukan bahwa tinta ditambahkan tidak lama setelah itu, dan membenarkan bahwa naskah tersebut memang dokumen abad pertengahan

Isi Naskah ini dibagi ke dalam 6 katagori :

*Bagian pertama dan terbesar berisi 130 halaman gambar tanaman dengan teks yang menyertainya, dan disebut Botanical Division.
*Yang kedua berisi 26 halaman gambar, mengenai astrologi dan astronomi.
*Bagian ketiga berisi 4 halaman teks dan 28 gambar, yang sepertinya menggambarkan biologi.
*Bagian keempat berisi 34 halaman gambar, yaitu Farmasi.
*Bagian terakhir dari Manuskrip berisi 23 halaman teks diatur dalam paragraf pendek, masing-masing dimulai dengan bintang. Halaman terakhir hanya berisi kunci saja.

Perlu diingat bahwa pembagian diatas hanya berupa tafsiran dari gambar-gambar yang ada pada manuskrip tersebut. Dan karena gambar-gambar itu juga terlihat aneh, maka pembagian diatas juga belum tentu benar.

Isi dari Manuskrip ini sampai sekarang masih penuh misteri, meskipun banyak tafsiran yang dibuat. Dan para kriptologis di seluruh dunia masih berusaha memecahkan kode2 dari manuskrip ini.


Jika anda tertarik memecahkannya, anda bisa mulai dengan meng klik link Digital Images Database of Beinecke Libraryyang menyediakan foto2 dari Manuskrip Voynich halaman per halaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar