Welcome

Senin, 09 April 2012

Al Qomar (Bulan)


Bulan memiliki tempat yang menarik dan penuh warna dalam sejarah manusia. Satelit Bumi alami, dan satelit alami terbesar kelima di tata surya kita ini, adalah juga satu-satunya obyek angkasa dimana manusia telah melakukan perjalanan dan mendarat disana, dengan program Apollo yang menjadi satu-satunya misi berawak yang mengantarkannya (total dari enam pendaratan antara tahun 1969 dan 1972). Dan postingan ini diceritakan secara singkat beberapa aspek yang menarik dari bulan kita.

Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.(QS 21:33)


Jarak rata-rata Bumi-Bulan dari pusat ke pusat adalah 384.403 km, sekitar 30 kali diameter Bumi. Diameter Bulan adalah 3.474 km, sedikit lebih kecil dari seperempat diameter Bumi. Ini berarti volume Bulan hanya sekitar 2 persen volume Bumi dan tarikan gravitasi di permukaannya sekitar 17 persen daripada tarikan gravitasi Bumi. Bulan beredar mengelilingi Bumi sekali setiap 27,3 hari (periode orbit), dan variasi periodik dalam sistem Bumi-Bulan-Matahari bertanggungjawab atas terjadinya fase-fase Bulan yang berulang setiap 29,5 hari (periode sinodik).


Massa jenis Bulan (3,4 g/cm³) adalah lebih ringan dibanding massa jenis Bumi (5,5 g/cm³), sedangkan massa Bulan hanya 0,012 massa Bumi.

Bulan yang ditarik oleh gaya gravitasi Bumi tidak jatuh ke Bumi disebabkan oleh gaya sentrifugal yang timbul dari orbit Bulan mengelilingi bumi. Besarnya gaya sentrifugal Bulan adalah sedikit lebih besar dari gaya tarik menarik antara gravitasi Bumi dan Bulan. Hal ini menyebabkan Bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan sekitar 3,8cm/tahun.


Bulan berada dalam orbit sinkron (tidal lock/gravity lock) dengan Bumi, hal ini menyebabkan hanya satu sisi permukaan Bulan saja yang dapat diamati dari Bumi. Orbit sinkron menyebabkan kala rotasi sama dengan kala revolusinya.

Di bulan tidak terdapat udara ataupun air. Banyak kawah yang terhasil di permukaan bulan disebabkan oleh hantaman komet atau asteroid. Ketiadaan udara dan air di bulan menyebabkan tidak adanya pengikisan yang menyebabkan banyak kawah di bulan yang berusia jutaan tahun dan masih utuh. Di antara kawah terbesar adalah Clavius dengan diameter 230 kilometer dan sedalam 3,6 kilometer. Ketidakadaan udara juga menyebabkan tidak ada bunyi dapat terdengar di Bulan.


Bulan adalah satu-satunya benda langit yang pernah didatangi dan didarati manusia. Obyek buatan pertama yang melintas dekat Bulan adalah wahana antariksa milik Uni Sovyet, Luna 1, obyek buatan pertama yang membentur permukaan Bulan adalah Luna 2, dan foto pertama sisi jauh bulan yang tak pernah terlihat dari Bumi, diambil oleh Luna 3, kesemua misi dilakukan pada 1959. Wahana antariksa pertama yang berhasil melakukan pendaratan adalah Luna 9, dan yang berhasil mengorbit Bulan adalah Luna 10, keduanya dilakukan pada tahun 1966. Program Apollo milik Amerika Serikat adalah satu-satunya misi berawak hingga kini, yang melakukan enam pendaratan berawak antara 1969 dan 1972.




Fase - Fase Bulan


Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua (QS 36:39)

 Foto Animasi pergerakan bulan


Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. (QS 10:5)

Memahami fase bulan bisa tampak kompleks dan membingungkan pada awalnya. Namun, jika Anda memperhatikan diagram di atas, Anda akan menemukan bahwa seluruh proses cukup mudah untuk dipahami. Paling kanan, sinar yang datang dari matahari, diikuti oleh delapan fase yang berbeda dari bulan (berdasarkan pada posisi bulan relatif terhadap bumi dan matahari), dan bumi di tengah diagram. Fase dimulai dengan Bulan Baru (new Moon) ketika bulan berada di antara matahari dan bumi. Fase Bulan Purnama (Full Moon) adalah saat bulan, bumi, dan matahari adalah selaras dengan bumi di tengah. Fase Kuartal Pertama (First Quarter) dan fase Kuartal Ketiga (keduanya juga disebut setengah fase bulan) terjadi di antara Fase awal dan fase bulan purnama. Fase waxing dan waning menjelaskan peningkatan dan penurunan dalam hal pencahayaan - Waxing mengacu pada peningkatan, sedangkan Waning mengacu pada penurunan/memudar. Crescent berarti terang bulan kurang dari setengah, dan Gibbous berarti terang bulang lebih dari setengah.




Gerhana Bulan

 
Gerhana terjadi saat bumi, bulan, dan matahari berada dalam garis lurus. Ketika bumi berada di tengah (posisi seperti pada bulan purnama), kita mengalami gerhana bulan karena matahari, yang berada di balik bumi, menyebabkan bulan, yang di depan bumi, untuk sementara berada dalam bayangan bumi dan karena itu akan terlihat gelap.




Dua Sisi Bulan




Karena satu sisi bulan selalu menghadap ke bumi dan yang lainnya selalu menjauh (mereka tidak pernah bertukar tempat), kita sering menyebutnya sebagai dua sisi bulan. Sisi yang menghadap bumi disebut sisi dekat, dan satunya lagi, secara tidak akurat sering disebut sisi gelap (dalam kenyataannya kedua sisi mengalami terang dalam waktu yang sama, sekali setiap hari lunar), dikenal sebagai sisi jauh dari bulan. Seperti yang dapat Anda lihat pada foto di atas (gambar pertama adalah sisi dekat, dan gambar ketiga adalah sisi yang jauh, sementara dua lainnya adalah 90-derajat diantara kedua sisi yang saling bertolak belakang), kedua sisi secara visual dapat dibedakan karena sisi dekat penuh dengan dataran gelap bulan, yang tidak dijumpai pada sisi jauh.




Hubungan Bulan dan Bumi

Bulan tidak hanya sebuah batu atau benda angkasa yang cantik di langit atau latar belakang romantis bagi dua sejoli di malam hari, ia memiliki hubungan yang mendalam dan berdampak pada planet kita. Bulan membuat orbit lengkap mengelilingi bumi kira-kira setiap empat minggu, dan tarikan gravitasinya bertanggung jawab atas efek pasang surut di bumi. Tidak hanya itu, tubuh cellestial ini juga bertanggung jawab memacu imajinasi manusia seperti dan telah memberikan dasar bagi karya-karya yang tak terhitung jumlahnya di bidang musik sastra,, seni, dan sebagai wakil dari kekuatan usaha manusia (bukan manusia serigala .. hehehe).




Asal Usul Bulan
Asal - usul terjadinya bulan tidak diketahui secara pasti, namun teori yg paling diterima oleh mainstream astrofisikawan dunia saat ini adalah BIG IMPACT THEORY (BIT). Teori ini mengatakan Bulan berasal dari tubrukan bumi dengan planet kecil yang bernama theia sekitar 3 milyar tahun yang lalu, dan menghasilkan debu yang berjumlah sangat banyak dan mengorbit di sekeliling bumi dan akhirnya debu mengumpul menjadi bulan. Pada awalnya jarak bulan pada pertama kali hanya sekitar 30.000 mil atau 15 kali lebih dekat dari jarak Bulan dengan Bumi sekarang. Dari hasil penelitian Bulan menjauh sekitar 3,8 cm per tahunnya.

Teori yg diterima adalah teori yg menjelaskan byk hal. BIT menjelaskan
1. mengapa bumi mempunyai inti besi sedangkan bulan tidak.(sangat kecil dibandingkan ukuran inti bumi)
2. mengapa bumi memiliki kerapatan yg lebih besar drpd bulan.
3. mengapa bulan dan bumi memiliki isotop oksigen yg sama, pdhl planet mars dan object angkasa yg lain isotop oksigennya beda.
4. jika teori terbentuknya bulan yg lain mempunyai kesulitan utk menjelaskan mengapa planet2 lain tdk memiliki bulan yg similar, maka BIT dapat menjelaskannya dengan melibatkan peristiwa katastropi stokastik yg membolehkan satu atau dua dari sembilan planet yg memiliki bulan yg proporsional. (selain bumi, pluto juga memiliki satelit yg similar proporsional



Fakta Lainnya Tentang Bulan
*Bulan bukanlah sebuah planet dan juga bukan buatan mahluk, tetapi satelit alami Bumi. (Jadi kalau ada yang mengatakan bulan itu pesawat alien, tertawakanlah, wakakaka).*

*Luas permukaan bulan adalah 14.658.000 mil persegi atau 9,4 miliar hektar*

*Hanya 59% dari permukaan bulan yang terlihat dari bumi.*

*Bulan berputar pada 10 mil per jam dibandingkan dengan rotasi bumi dari 1000 mil per jam.*

*Ketika sebulan memiliki dua bulan purnama, maka bulan purnama kedua disebut (Blue Moon). Definisi yang lebih tepat dari blue Moon adalah bulan purnama ketiga dalam setiap musim (seperempat tahun) yang mengandung 4 bulan purnama total. Jadi blue moon bukan bulan yang berwarna biru. Namun diperkirakan sebutan bluemoon tercipta di masa gunung krakatau meletus 1883, dimana saat itu bulan berwarna biru karena atmosfir bumi yang penuh dengan debu vulkanik*

*Bintik-bintik gelap yang kita lihat di bulan yang menciptakan gambaran orang di bulan sebenarnya kawah penuh dengan basal, yang merupakan bahan yang sangat padat.*

*Pesawat luar angkasa pertama yang mengirim kembali gambar dari bulan adalah Luna 3 (dibangun oleh Uni Soviet) pada bulan Oktober 1959.*

*Bulan tidak memiliki medan magnet global.*

*Ukuran Bulan adalah sekitar 1/4 ukuran Bumi.*



Bulan telah terbukti menjadi subjek yang luar biasa untuk fotografer di seluruh dunia. Fakta bahwa bulan tidak terlihat sama dari dua tempat yang berbeda, atau pada dua hari yang berbeda, memberikan fleksibilitas yang memiliki banyak impian dalam subjek.

Dibawah ini beberapa foto-foto bulan dan gerhana bulan yang indah








Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah yang kamu hendak sembah. (QS 41:37)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar