Welcome

Senin, 09 April 2012

Enam Adaptasi Hewan yang Aneh


Tentu saja di dunia ini ada banyak hewan hewan aneh yang beradaptasi dengan cara yang "aneh" pula. Dan postingan ini memberitakan kepada anda, beberapa diantaranya.


Kadal Bertanduk Texas; Menembak Darah
Secara umum, ketika Anda sedang diserang oleh sesuatu mahluk yang ingin memakan Anda, hal terakhir yang Anda ingin lakukan adalah membiarkan mereka merasakan lezatnya darah Anda, karena lezatnya darah akan lebih menarik perhatian mereka. Namun untuk makhluk predator seperti manusia, aturan ini tidak atau kurang berlaku. Kadal bertanduk Texas memiliki darah yang rasanya sangat tidak enak dan dia secara sukarela memberikan darahnya kepada predator hanya untuk menunjukkan kepada mereka bahwa mereka tidak akan menemukan kesenangan jika ngemil dirinya. Jika itu belum cukup aneh, sumber prasmanan darah kadal bahkan lebih aneh ... sample darah gratis ini meluncurkan langsung dari matanya. Bahkan jika rasa darah makhluk kecil itu tidak cukup untuk membuat calon predator berpaling, adegan mengerikan ini tentu akan predator lari!




Kuda Nil (Hippopotamus); Keringat Darah
Menjadi hewan yang paling mematikan di Afrika, kuda nil tidak memiliki banyak kekhawatiran dalam hal predator. Tentu, sesekali singa, buaya atau hyena mungkin mengincar anak2 mereka, tetapi begitu monster-monster sungai ini tumbuh besar, mereka menjadi anggota mahluk mahluk yang berada di puncak rantai makanan. Itulah sebabnya pertahanan terbesar mereka tidak melawan makhluk lain, tetapi terhadap matahari Afrika yang menyengat dan bakteri penyebab penyakit. Meskipun berguling-guling di lumpur dapat memberikan kuda nil tabir surya alami, namun itu tidak cukup karena mayoritas hari hari mereka dihabiskan untuk mengarungi sungai. Untungnya, kuda nil telah mengembangkan tabir surya alami mereka sendiri, yang merembes keluar dari pori-pori mereka dalam warna yang mengejutkan, yaitu Merah Terang. Sekresi aneh ini mendapat julukan yang tepat dan mengerikan, yaitu "Keringat Darah," meskipun sebenarnya bukan darah. Cairan itu terdiri dari sejumlah senyawa yang sangat asam yang menyerap sinar ultraviolet, mencegah kulit terbakar, dan yang menghambat pertumbuhan bakteri. Sementara kita biasanya mengira keringat darah merah terang, itu benar-benar berwarna merah terang, namun kenyataannya keringat itu keluar bening lalu berubah merah dan kemudian memudar menjadi kecokelatan karena terkena udara.




Komodo; Mulut Jorok
Terjebak di sebuah pulau tanpa predator alami, komodo sudah berevolusi dengan baik, tumbuh menjadi kadal hidup terbesar di bumi, mencapai hampir 10 meter. Tapi seperti banyak kadal akan senang untuk memberitahu Anda, "ukuran tidak penting," sehingga Komodo juga berevolusi dengan cara yang cukup "jahat" untuk menjatuhkan mangsa mereka.

Komodo memiliki dua kelenjar racun kecil di rahang bawah mereka yang dapat melepaskan racun yang dapat menyebabkan pembengkakan, menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, kelumpuhan, syok, hipotermia dan rasa sakit yang hebat. Tapi itu tidak cukup untuk kadal busuk ini. Mereka juga memiliki bau mulut yang paling menjijikkan diantara mulut binatang di bumi. Bahkan, air liur mereka mengandung E. coli, Staphylococcus, Providencia dan bakteri mematikan lainnya. Setiap komodo dapat memiliki sampai 57 strain yang berbeda dari bakteri dalam mulut mereka pada waktu tertentu! Sementara Komodo tidak memiliki masalah berburu hewan kecil di pulau mereka dengan gigitan sederhana pada leher dan mungkin sedikit cambukan cepat dari ekor mereka, mereka juga memiliki cara untuk berburu makhluk yang lebih besar seperti kerbau (atau, kadang-kadang, manusia). komodo hanya akan menggigit kerbau dan kemudian mengikutinya sekitar satu atau dua hari sampai mangsa mereka meninggal akibat racun dan infeksi akibat gigitan Komodo. Lebih lengkap tentang komodo, Baca disini

Para ilmuwan masih belum tahu bagaimana komodo bertahan dengan begitu banyak hal-hal jahat di mulut mereka dan mereka tidak dapat menjalankan percobaan pada populasi komodo yang bukan dialam liar, karena bakteri tidak ditemukan atau hilang pada komodo yang tidak berada di alam liar.




Udang Pistol; Capit yg Menembak
video
Kecuali Anda memiliki beberapa jenis fobia langka, Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada udang yang begitu mengintimidasi. Namun jika Anda bertemu dengan udang pistol, mungkin anda akan berubah pikiran. Krustasea gila ini memiliki satu capit yang besarnya tidak proporsional yang dapat menciptakan dan menembakkan gelembung berisi gelombang energi yang sangat panas. Gelombang kejut yang dihasilkan dapat menewaskan predator dan calon mangsa udang pistol. Hal ini membuatnya cukup luar biasa untuk ukuranudang kecil di laut luas.




Anglerfish; Dimorphisme Sexual yg Ekstrim
Sekarang, sebagian besar dari Anda setidaknya sedikit akrab dengan anglerfish dan bola cahaya aneh yang menggantung di kepalanya. Tapi apa yang mungkin anda tidak tahu adalah bahwa Anda mungkin hanya mengenal anglerfish betina. Meskipun banyak hewan menyajikan dimorfisme seksual pada tingkat tertentu, namun tidak ada yang sedrastis perbedaan antara jantan dan betina anglerfish. Bahkan, ketika para ilmuwan pertama kali menemukan anglerfish jantani, mereka mengira ia adalah semacam parasit yang makan dari betina anglerfish ... dan mereka ada benarnya.


Anglerfish jantan ukurannya jauh lebih kecil daripada betina dan mereka tidak memiliki bola bersinar di kepalanya dan mereka tidak bisa mencari makan sendiri sama sekali, yang berarti merekaa harus menemukan seekor betina secepat mungkin jika ia ingin bertahan hidup. Setelah seekor jantan menemukan seekor betina, dia akan mengigit bagian bawah tubuh betina dan melepaskan enzim yang melarutkan kulit dari mulutnya dengan sedikit tubuh betina sehingga mereka berdua dapat menyatu bersama. Perlahan jantan membuang seluruh tubuhnya sampai yang tersisa dari dirinya adalah sepasang gonad yang melepaskan sperma setiap kali hormon betina mengumumkan bahwa telur sedang dilepaskan. Para ilmuwan telah menemukan beberapa betina anglerfish bersama 8 pasang gonad jantan melekat pada tubuh mereka.

Pada segelintir kecil spesies anglerfish, hal yang lebih aneh ditemukan. yaitu jika seekor jantan tidak dapat menemukan pasangannya, maka dia akan mulai tumbuh dan meningkat secara drastis dalam ukuran, akhirnya menjadi seekor betina.




Hyena; Organ Sex yg Aneh
Jika Anda seorang ibu, tentu anda tahu bahwa proses melahirkan bukan piknik, tapi bersyukurlah Anda bukanlah seekor ibu hyena. Hyena memiliki vagina yang menyatu atau tertutup, sehingga hubungan seksual, buang air kecil dan melahirkan semua dilakukan melalui klitorisnya. Klitoris hyena betina mirip atau hampir serupa dengan penis hyena jantan, baik dalam ukuran maupun kekerasan.

Para ilmuwan masih berjuang untuk memahami mengapa hyena betina berevolusi menjadi seperti ini. Karena hal ini tentu tampaknya tidak menguntungkan, mengingat bahwa satu dari setiap sepuluh kelahiran menyebabkan kematian ibu dan hampir setiap anak pertama, lahir dan mati lemas.

meskipun kelahiran bisa menjadi tantangan serius bagi hyena betina, mereka adalah salah satu dari hanya segelintir makhluk yang hidup dalam kelompok matriarkal, jadi setidaknya betina hyena memiliki hadiah atas kesulitan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar